Minggu, 07 September 2014

Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi

 Masalah yang satu ini memang sangat-sangat menyebalkan dan membuat siapapun yang mengalaminya sangat menderita. Walaupun saya sendiri belum pernah merasakan sakit gigi (semoga tidak akan pernah), tapi kakak saya pernah beberapa kali mengalaminya, dan dari ekspresi yang ditunjukkannya, saya tau jika dia sangat kesakitan. Tapi kakak saya tetaplah kakak saya, dia tidak akan pernah mau mengkonsumsi obat sakit gigi walau separah apapun sakit yang dialaminya. Dia lebih memilih menggunakan metode alami untuk mengatasi rasa sakit giginya tersebut, dan cara yang dilakukannya memang terbukti ampuh menghilangkan sakit giginya dengan cepat.

tips cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat

Lalu seperti apa caranya? Dia menggunakan metode pemijatan dengan teknik akupuntur. Teknik ini selalu dilakukannya setiap kali mengalami sakit gigi, entah itu sakit gigi geraham bawah ataupun geraham atas. Berikut ini saya bagikan cara mengobati sakit gigi yang selalu dilakukan oleh kakak saya (keterangan dari gambar diatas):
  • Untuk menghilangkan sakit gigi geraham bawah, anda tinggal menekan daerah akar gigi geraham kedua (daerah yang sakit) dengan keras selama beberapa saat (lakukan hingga beberapa kali).
  • Selanjutnya, tekan atau pijat-pijat daerah antara sendi pertama jempol kaki anda. Jika yang sakit geraham bawah, maka yang dipijat adalah daerah setelah sendi pertama jempol kaki. Jika yang sakit geraham atas, maka yang dipijat adalah daerah sebelum sendi pertama jempol kaki.
  • Untuk pemijatan di jempol kaki, maka lakukan pada sisi yang berlawanan dengan daerah yang mengalami sakit gigi. Jika sakit giginya di sebelah kanan, maka yang dipijat / ditekan adalah jempol kiri, begitupula sebaliknya.
Selain dengan menggunakan metode akupuntur, anda juga bisa menggunakan resep obat sakit gigi dengan ramuan alami sebagai berikut:
  • Minyak cengkeh. Pada sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry th. 2006, disebutkan bahwa minyak cengkeh mampu mengurangi rasa sakit pada gigi yang bermasalah. Caranya juga sangat mudah, cukup teteskan minyak cengkeh pada kapas bersih, lalu oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit.
  • Bawang putih. Ini cocok diterapkan untuk gigi berlubang yang terasa sakit. Cukup patahkan sedikit bawang putih, lumatkan, lalu tempelkan pada gigi berlubang anda. Biarkan sekitar 5 menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat. Menurut Jude C. Tood dalam bukunya Jude’s Herbal Homes Remedies, bawang putih ampuh mengatasi sakit gigi pada gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik alami yang kuat.
  • Getah jarak. Selama ini mungkin anda sudah pernah tau, atau setidaknya pernah melihat berita mengenai minyak buah jarak yang bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang berkualitas. Namun mungkin anda belum pernah mendengar jika getah tanaman ini juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit gigi, khususnya pada gigi yang berlubang. Caranya, teteskan getah jarak pada kapas bersih, lalu tempelkan pada gigi berlubang tersebut. Biarkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut