Sabtu, 31 Desember 2011

Touchpad Mouse Laptop Tidak Berfungsi ? Kenapa

Tags

Kemarin sempat dapat pasien netbook yang mempunyai masalah " Touchpad tidak berfungsi " Begini ceritanya, saat netbook dinyalakan, dan masuk Windows 7, cursor mouse tidak bergerak saat jari telunjuk menelusuri touchpad netbook tsb. Langsung saja saya berkesimpulan bahwa, Touch-Pad-nya yang rusak / tidak berfungsi.

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab tidak berfungsinya Touchpad tersebut. Diantaranya, Settingan Periperal Device pada BIOS, Driver Touchpad belum terinstall, Ada Shortcut pada Keyboard yang berfungsi untuk menonaktifkan Touchpad, hehe dan terakhir Touchpad memang benar-benar rusak secara fisik.

Namun saya juga baru mengalami kasus demikian simple, dan sempat bingung juga. Karena setelah saya cek settingan BIOS normal, Driver sudah terinstall dengan baik, kondisi software juga baik, Eh kok masih tidak berfungsi haha !

Ealah ! setelah saya amati dengan seksama keyboard pada netbook tsb, ternyata ada sebuah simbol / logo yang kalau diartikan adalah berfungsi untuk enable / disable fungsi Touchpad !. Dan langsung saja saya tekan shortcut tombol tsb, kebetulan pada fn+F6. Akhirnya secara ajaib, Touchpad sudah dapat berfungsi kembali.

Intinya,

<p>Your browser does not support iframes.</p>

Pertama, Kenali dengan seksama notebook, laptop, netbook kita
Kedua,
Selalu perhatikan shortcut pada keyboard laptop terutama pada fungsi FN + F1 s/d F12
Ketiga, Tidak semua kerusakan pada komputer disebabkan oleh kerusakan fisik
Sekian sharing dari saya pada sore ini, hehe maklum saya juga jarang sekali pegang laptop, sehingga sempat dibuat bingung karena masalah diatas haha, padahal simple, yups tapi itu menjadi sebuah pengalaman berharga bagi saya, dan sekaligus wawasan untuk kita. Terima Kasih, Sampai Jumpa !


EmoticonEmoticon